Teknik Mancing Ikan Bawal Air Tawar

Teknik Mancing Ikan Bawal Air Tawar – Ikan bawal adalah jenis ikan air tawar yang memiliki gigi tajam yang sangat kuat sehingga banyak para pemancing yang menyebutnya sebagai ikan predator ganas dan galak. Ikan ini juga memiliki tingkat pergerakan yang sangat gesit dan agresif hingga ikan bawal sangat pintar dalam menghidari senar pancing.

Bagi anda yang hendak mancing ikan bawal kita bisa menggunakan teknik casting di kolam pemancingan dengan menggunakan umpan buatan untuk mengecoh ikan bawal sehingga tertarik dan langsung menyambar umpan. Teknik casting ini belum banyak dipraktekan oleh para pemancing dibandingkan dengan cara mancing yang masih tradisional. Simak trik dan teknik mancing sebagai berikut :

Teknik Mancing Ikan Bawal Air Tawar

TEKNIK MANCING IKAN BAWAL AIR TAWAR DENGAN CARA CASTING

  • Pertama, perhatikan terlebih dulu kondisi permukaan air kolamnya, jika ditemukan banyak masa ikan berarti banyak pula ikan berenang di permukaan air tersebut. Nah, pada kondisi seperti ini anda bisa menggunakan jenis umpan lure jenis floating atau shallow agar bisa langsung melakukan casting.
  • Jika tidak ditemui masa ikan, kemungkinan anda perlu memasang jenis umpan lure dengan tipe berenang di dalam air yang mendekati permukaan dasar kolam seperti jenis minnow dan juga spoon. Hal ini dilakukan agar umpan bisa dengan mudah mendekati area spot yang ada ikan bawal nya.
  • Gunakan umpan lure, minnow, dan spoon yang berukuran 3 sampai 7 cm. Pilihlah yang bercorak dengan warna lure terang agar dapat digunakan untuk menarik perhatian ikan. Dan juga gunakan jenis pancing tunggal, pancing ganda, serta pancing cabang tiga pada lure, minnow, dan spoon. Hal tersebut bertujuan jika pada saat strike ikan yang memiliki tenaga kuat tidak dapat merusak pancing.
  • Jika hendak melakukan teknik casting ikan bawal air tawar, anda cukup memperlukan piranti mancing kelas ringan dan sesuaikan dengan tempat mancing anda. Joran yang digunakan cukup menggunakan tipe joran berkekuatan 16 hingga 20 lbs dengan panjang joran 165 atau 180 cm.
  • Satukan dengan reel yang berukuran 1000 atau 2000 dengan tali senar jenis monofilamen berkekuatan 10-16 lbs yang bisa anda gunakan leader di ujung senar dengan ukuran sampai 20 lbs untuk menahan gigitan yang tajam serta hentakan yang kuat dari ikan bawal.
  • Setelah itu, lempar umpan buatan ke spot yang sekiranya ada banyak ikan. Bagi pemancing pemula, lempar umpan ke titik yang tidak terlalu jauh untuk membangun tingkat akurasi lemparan.
  • Saat umpan masuk ke dalam air, putar dan gulung senar secara perlahan agar pergerakan ikan seperti nyata hingga dapat menarik perhatian ikan bawal. Sedangkan untuk penggunaan umpan spoon, hendaknya anda bisa mempertahankan kecepatan gerak spoon yang di gulung agar umpan tidak sampai ke permukaan atau nyangkut.
  • Ikan bawal yang sudah terkail akan berusahan melepaskan diri dengan cara berontakan kekuatan yang pada saat itulah para pemancing menikmati perlawanan dengan ikan bawal air tawar. Agar ikan tidak lepas atur drag pada ril sampai tidak dalam kondisi terlalu kendur sehingga ikan tidak mudah membawa umpan.

Itulah informasi yang bisa kami sampaikan mengenai teknik mancing ikan bawal air tawar yang bisa anda simpan dan coba. Intinya selalu berkonsentrasi pada pegangan piranti agar tidak mudah lepas dan juga selalu atur kecepatan menggulung agar umpan yang anda gunakan terlihat menarik untuk ikan-ikan agresif, salah satunya ikan bawal. Salam Joran Melengkung!


Rekomendasi Essen Ikan Bawal Paling Joss Dijamin Strike ~ MASTER ESSEN KATILAYU

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *